Introduce

Just want introduce my blog site

Sabtu, 25 Februari 2012

S.W.O.T

 S.W.O.T
( Strength, Weakness, Opportunity, Threatment )

             Ada cara yang bisa digunakan untuk mengenali potensi diri kita. Cara itu misalnya dengan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threatment). Dalam bahasa lainnya SWOT berarti kita mengenal kekuatan dari dalam diri kita (Strength), kelemahan dari dalam diri kita (Weakness),  kesempatan yang datang dari luar  (Opportunity), dan hambatan yang berasal dari luar (Threatment).

          Setiap orang adalah unik. Berbeda antara yang satu dengan yang lain. Tak peduli mereka kembar identik sekalipun. Inilah kodrat manusia yang tidak mungkin bisa dihindari. Karena unik  inilah setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Tak terkecuali Anda.

Anda pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Apa itu, Andalah yang tahu hal itu. Orang lain mungkin hanya bisa menebak – nebak kelebihan dan kekurangan Anda. Tapi Andalah yang benar – benar paham akan diri Anda sendiri. Cara yang paling cepat dan tepat untuk mengetahuinya adalah dengan menggunakan analisis SWOT ini.


Strenght

 
              
            Pertama anda kenali dulu Strength (kekuatan dari dalam diri sendiri). Caranya renungkan sifat – sifat Anda yang baik – baik saja, jangan pikirkan sifat – sifat yang buruk. Kemudian tuliskan sifat – sifat baik itu di dalam selembar kertas. Lingkari sifat yang menurut anda benar – benar berguna bagi anda dan orang lain. Kemudian masukkan sifat itu ke dalam benak anda. Kemudian anda lakukan sifat itu senantiasa di dalam kehidupan anda sehari – hari. Jadikan sifat itu sebagai sebuah kebiasaan. Dan pada akhirnya anda benar – benar meresapi sifat anda yang baik tersebut. Sebagai catatan sifat – sifat anda yang baik bisa berupa kejujuran, ketekunan, pantang menyerah, ketelitian, pekerja keras, penuh strategi, dan lain – lain.


 Weakness

 

            Kemudian kenali Weakness (kelemahan dalam diri) anda. Weakness adalah kelemahan yang ada pada semua orang. Jadi jangan takut ataupun malu untuk mengakui kelemahan kita. Jadikan kelemahan ini sebagai batu pijakan kita untuk bisa terus berkembang. Jadikan kelemahan ini sebagai senjata untuk menaklukan hambatan yang ada. Jadikan kelemahan ini sebagai pengingat bahwa tak ada satupun manusia yang sempurna. Sehingga anda tidak akan pernah berhenti berusaha untuk meningkatkan kemampuan diri. Bagaimana cara mengenali weakness ini. Caranya anda tulis dalam selembar kertas sifat – sifat yang buruk yang ada dalam diri anda tapi tulislah dengan tangan di mana anda tidak biasa menulis dengannya. Jika anda kidal maka gunakanlah tangan kanan anda untuk menulis sifat – sifat buruk tadi, dan jika anda bukan kidal maka gunakanlah tangan kiri anda untuk menulisnya. Kemudian anda lihat sifat mana yang menurut anda paling menjadi hambatan bagi diri anda sendiri. Ingat jangan takut dan malu untuk mengakui kelemahan. Karena inilah kunci anda untuk membuka pintu di mana anda bisa menjadi lebih baik lagi. Tanam sifat itu dalam benak anda, kemudian jangan anda lupakan karena semakin anda lupakan maka akan semakin lekat pula sifat itu ada pada anda. Di sini anda cukup mengingatnya kemudian anda harus berjanji pada diri anda sendiri untuk tidak melakukannya. Mungkin agak sulit, tapi jika anda terus berusaha untuk menahan sifat itu yakinlah pada diri anda sendiri anda akan berhasil. Setiap anda akan melakukan sifat tadi, anda harus ingat untuk memulai semuanya dari awal lagi. Jadikan ini berulang – ulang dalam diri anda. Dan anda akan terbebas dari sifat buruk itu.


Oppurtunity


          Lalu kenali Opportunity (kesempatan) yang datang dari luar diri anda, misalnya keluarga, teman, lingkungan dan hal lain yang menguntungkan dan berguna bagi anda. kesempatan bagi semua orang adalah hal yang nyata. kesempatan itu nyaris datang tiap detik pada diri anda. andalah sendiri yang menentukan bahwa kesempatan itu akan menguntungkan anda. sekarang bagaimana menentukan kesempatan itu akan datang dan menguntungkan. anda harus belajar untuk mengenali kesempatan tersebut. caranya yaitu dengan menganalisis segala sesuatu yang datang kepada anda baik itu hal yang baik ataupun hal yang buruk. kemudian anda coba kesempatan itu dengan pertimbangan yang telah anda buat. hal yang terpenting dari mencoba kesempatan ini adalah jangan takut gagal dan jangan pantang menyerah. sebab bisa jadi dengan kegagalan ini anda akan semakin tahan banting untung mencoba segala sesuatu. ingat kesempatan takkan datang untuk yang kedua kalinya, jadi jangan sia – siakan kesempatan itu dan selalu memperhitungkan semua kemungkinan.


 Threatment